BONGKAR! Rahasia Text Iklan Facebook 15.000.000 Dalam 2 Hari, 2.5000.000 Dalam 4 Hari—Bisa Langsung Dipraktekkan.
Sederhana Tapi Jelas, Direct, dan Powerful…
Itu adalah Ungkapan yang bisa saya ungkapkan untuk 1 Ad copy yang saya iklankan dan tembus Reach 74.561, Engagement 2.748, 178 Komen, 17 Share dan 50 Add pin BB..
Karena Kurang nya Follow up yang maksimal, dengan Budget yang dihabiskan 300.000 bisa menghasilkan 2.500.000 hanya dalam 4 hari.
Percaya Saya… Apa yang saya lakukan dan tulis ini, Anda sangat mungkin bisa melakukannya melebihi ekspektasi yang pernah terbayangkan. Asalkan Tekun dan Yakin.
Sebuah keahlian wajib seorang online marketer—upsss…bahkan semua marketer sejati adalah bisa menulis surat penjualan yang mendatangkan konversi (Sales, Leads, Awareness dll)
Namun banyak di antara mereka –mungkin salah satu nya Anda—
terkadang terlalu belibet memikirkan hal-hal yang pada akhir nya menghambat Anda untuk menulis…
“ Wah… kurang bagus nih kata-kata nya”
“kok kelihatan banget sih jualannya…”
“ susah banget sih nyari kata-kata yang sreg di hati”
“ Kayak nya ini kurang menjual deh “
“ Apa bener ya ini bisa laku..”
Daaaaan, berbagai kalimat PESIMISTIS lainnya… hayo ngaku! Pernah kan seperti itu?
Dulu saya sering terjebak dalam pemikiran “Tulis lah yang Panjang… yang penting panjang dan informatif ” Namun saya lupa bahwa dasar dari segala dasar adalah Fokus menjual, bukan membual… pikirkan yang lebih penting daripada yang penting!
Coba bayangkan, kalau porsi hidangan pembuka lebih banyak dari hidangan INTI, apakah Anda lebih memilih mengabaikan hidangan inti daripada hidangan pembuka atau sebalik nya??
John Caples pernah bilang “Write To Sell” Tulis lah untuk menjual…
Jangan Lebay!
Karena nyata nya, banyak yang menulis Copywriting dengan gaya—gaya-gayaan akhir nya apa yang ditulis menguap begitu saja tanpa menghasilkan. Cuma bisa Nangis deh di pojokan T__T
“ Don’t Call it Creative, Buy it From Me “ ~David Ogilvy~
Berawal dari keisengan, Jujur… Pada awal nya Produk fisik adalah komoditas yang jarang saya sentuh untuk Saya jual karena tidak mau ribet jadi CS. Hihihihii…. Namun sejak salah satu klien #JasaCopywriting saya memberikan laporan hasil Ad Copy yang telah saya develop berhasil mengenerate 15.000.000 rupiah dalam 2 Hari—Hanya Dari Jualan Pakaian Anak, saya jadi tertarik dan makin penasaran.
Anda pasti tahu kan satu-satu nya cara menghilangkan penasaran adalah dengan: Mencoba. iya kan?
Anda mulai penasaran seperti saat Saya bertanya-tanya “ Apa sebenar nya rahasia nya?? “
Sebelum tulisan ini berlanjut , Saya minta tolong pengetahuan-pengetahuan Anda tentang copywriting diksempaingkan dulu… Agar tulisan sederhana ini dapat memelarkan otak Anda dengan wawasan yang meningkatkan skill Anda dalam menulis…
Beberapa minggu lalu saya melakukan percobaan membuat sebuah surat pena
waran yang sangat sederhana. saking sederhana nya bahkan Siswa SD pun sangat mungkin bisa menduplikasi, mengembangkan, dan membuat akar-akar dari tulisan Anda bisa memberikan buah pundi-pundi rupiah… langsung tergambarkan di kepala Anda target omzet yang segera tercapai dan membahagiakan Anda…
Keyakinan saya akan Konversi nya surat penawaran ini dan tidak memerlukan testing sangat berdasar pada pola pikir konsep yang saya terapkan pada surat penawaran klien #JasaCopywriting … Anda boleh segera praktekkan setelah selesai membaca nya..
Kita bedah satu-satu ya… ide—per-ide… paragraf—per-paragraf… kalimat—per-kalimat… dan kata—per-kata…
======================================
Target Market : Ibu-ibu muda yang baru memiliki anak balita (20 – 35)
Offer : Pakaian Anak
Goal : 10 pcs perhari dengan margin profit 30.000/pcs
Media : facebook Ads
Hasil :
Budget spent 300.000 Ă
Hari ke-1 : 0 pcs terjual, 10 Komen Status ( tidak difollow up semua :v )
Hari ke-2 : 60 pcs terjual
Hari ke-3 : 14 pcs terjual
Hari ke-4 : 10 pcs terjual
—-xx—-xx——————xx———–xx———-xx—–
Materi Text Iklan :
=================================
Mau Si Baby Lebih Imut dan Menggemaskan?
=================================
Pakaikan Celana *tiiiiiiiiit…* (sensor :v) anak bisa untuk cewe/cowo size S
lingkar pinggang 32cm , panjang 43 cm
+bahan semi jeans stretch
+tidak luntur,
+halus dan nyaman untuk dipakai buah hati anda
estimasi 7bulan – 2tahun (tergantung ), klo yang gemuk kemungkinan 2 tahun harus pakai size m
————————————————————
Beli 1 Celana *tiiiiiiiiit…* Dapatkan Diskon 15% dari harga asli @55.500 ( 55.500-15% = 47.000) Lebih Hemat 8500
Beli 3 Celana *tiiiiiiiiit…* Gratis 1! Lebih hemat Rp.55.500 (ongkir sama dengan beli 1)
————————————————————
ready :
UNGU TUA, MUSTARD, KREM, PINK, HIJAU, BIRU TOSCA, MERAH, BIRU ELEKTRIK, KUNING, MAROON, NAVY, HITAM
Siapa cepat dia dapat!
Komen ” Mau Celana *tiiiiiiiiit….* Baby nya dong” biar Anda kami dahulukan.
Setelah itu Pesan Celana *tiiiiiiiiit…* Di sini :
D4B501** (BBM PIN)
0896-8754-5*** (SMS ONLY)
NB:
* Pengiriman via ekspedisi JNE
* Kami tidak menjamin Stok masih ada jika Anda tidak segera memesan, Rugi kan jika tidak kedapatan?
—xx—-xx—–xx————xx————xxx——————xx—
=============================================
Hah!? Cuma gitu ajah???… Iya Cuma gitu aja tapi yang begitu aja malah menghasilkan :3
Anda masih mempertanyakan apa rahasia nya?
Apa Rahasia nya Bung??
Saat si Gendut Po dalam Kungfu Panda mendadak bingung karena KONTEN rahasia gulungan Ksatria Naga yang diimpikannya ternyata KOSONG ia bertanya pada Ayah angsa nya tentang resep Mie yang laris turun-temurun:
“ Ayah… Apa sebenar nya resep rahasia dari Mie buatan mu yang bisa menggoyang lidah pelanggan? “
“ Nak… Resep Rahasia dari Mie buatan ayah yang bisa menggoyang lidah pelanggan adalah TIDAK ADA RAHASIA nya… Hanya saja Ayah membuat Mie dengan CINTA, PERCAYA DIRI dan KETULUSAN ”
YES… Sangat betul sekali.
Tidak ada Resep Rahasia dalam Menulis Copywriting…
Tidak ada Pakem yang paten dalam menulis Copywriting…
Tidak ada yang samar dalam menulis Copywriting…
Pada dasar nya, Semua orang bisa membuat tulisan yang menjual…
Semua yang Anda butuhkan sudah ada Pada Diri Anda sejak pertama kali Anda lahir ke permukaan bumi… Namun Anda belum menyadari nya sehingga Anda harus Mempelajari nya dalam bentuk TEORI yang dibakukan oleh orang yang lebih dulu paham dari Anda.
Saya paham Anda mulai tambah penasaran dan bertanya2 seperti “ Apakah Ada TEORI mendasar dibalik Pembuatan Copywriting di atas? “
Upssss…. Pertanyaan Anda salah… karena jelas pasti Saya jawab : ADA… lalu kemudian Diam. The End….. :v
Ok,
Kita ulang pertanyaannya ya : “ Mengapa ada TEORI di balik pembuatan Copywriting di atas? “ 1 dari 9 Jawaban paling masuk akal, sederhana dan mudah dipahami yang bisa Saya berikan ke Anda adalah :
BANGUNAN TIDAK AKAN TEGAK TANPA TIANG NYA.
Hasil dan Praktek adalah Istana yang Megah, Sejuk, dan memanjakan mata.
Teori adalah Penyangga yang menyokong Istana agar tidak Hancur.
Dari biji semangka tumbuh lah buah semangka,
Dari pertanyaan mengapa timbul lah pertanyaan APA…
Lalu apa saja TEORI yang mendasarkan pembuatan Copywriting di atas??
Anda boleh saja kebiri basa-basi dari tulisan ini dari Memori Anda namun tolong jaga baik-baik Setidak nya 10 EMAS BERTABUR INTAN BERLIAN ini :
1. Tulis Manfaat yang Paling DHUARR! di Headline Anda
Sesaat sebelum menulis Copywriting, pasti Anda sudah terpikir apa manfaat dari Produk yang saya tawarkan ini, karena jika tidak— tidur saja sana… Ngapain menawarkan sesuatu yang gak ada manfaat nya :v
Nah, dari beberapa manfaat yang ada pasti ada yang paling “WAH” dan paling diinginkan oleh Customer.
Coba lihat lagi Text iklan di atas
“Mau Si Baby Lebih Imut dan Menggemaskan?”
Apa sih yang paling diinginkan seorang ibu dari bayi nya? Dari pertanyaan ini memberikan beberapa jawaban yang relevan dengan Produk Celana untuk Bayi:
– Agar bayi nya terlihat lebih Lucu (80% respon di komentar)
– Nyaman digunakan si bayi (20% respon di komentar)
Anda pun tau yang paling ibu inginkan dari bayi nya saat menggunakan pakaian agar terlihat lebih imut dan menggemaskan kan?
2. Orang Senang Dengan Angka
Otak akan lebih cepat merespon Tulisan yang ada angka nya daripada yang polosan.
Saya pernah bereksperimen selama beberapa hari dengan membuat Status minimal 500 kata, Full text tidak ada gambar, dengan Tehnik Copywriting yang sama.
Hasil nya : Yang banyak angka nya di tulisan Respon LIKE di atas 50, dan Yang sedikit angka nya bahkan tidak ada Respon LIKE di bawah 50.
Sadarkah Anda makin tertarik dengan tulisan ini karena saya jejal kan banyak Angka di awal tulisan? Tuh kan senyum-senyum sendiri…
Coba hitung ada berapa angka ini?
Beli 1 Celana *tiiiiiiiiit…* Dapatkan Diskon 15% dari harga asli @55.500 ( 55.500-15% = 47.000) Lebih Hemat 8500
Beli 3 Celana *tiiiiiiiiit…* Gratis 1! Lebih hemat Rp.55.500 (ongkir sama dengan beli 1)
3. Pertanyaan lebih Disukai daripada Pernyataan.
Kenapa per-tanya-an lebih disukai daripada per-nyata-an?
Jawabannya sederhana : Karena dengan bertanya bisa mengikis Ego Anda, memindahkan kondisi mental yang sedang Anda alami kepada Kondisi mental yang penanya inginkan Ă Lalu memancing penasaran dan mencari jawabannya Ă ego yang terkikis lebih mudah menerima ilmu dan wawasan baru. Yang penting pertanyaannya benar hehehehe…
Coba bandingkan mana yang lebih menarik minat Anda,
“ Kulit Lebih Putih, Bersih, Cerah Dalam 5 Hari “
Atau
“ Mau kah Kulit Anda Lebih Putih, Bersih, Cerah Dalam 5 Hari? “
Model-model pertanyaan yang memancing minat dan interaksi pun banyak, saya pernah menulisnya dalam sebuah ebook. Namun secara umum pertanyaan-pertanyaan yang bagus dimulai dengan :
– Bagaimana….?
– Mengapa…..?
– Mau kah…..?
– Pernah kah….?
– Siapa lagi….?
– Apakah….?
Yang biasa saya tanyakan di Headline adalah “Bagaimana” & “Mengapa” jika ingin menjelaskan product knowledge yang cukup banyak kepada Pembaca.Terserah Anda mau gunakan yang mana hehehe….
4. Perintah Yang Jelas
Pakaikan, Beli, Dapatkan, Komen, Pesan adalah Clear Command yang direct dan langsung dipahami pembaca.
Ada semacam hentakan-hentakan yang tidak disadari pembaca bahwa sebenar nya Anda sedang memaksa mereka untuk menuruti Anda.
Command dalam copywriting banyak sekali cara memainkannya agar tidak terlalu kelihatan memerintah tapi sebenar nya Bawah sadar langsung nangkap sinyal perintah yang harus dituruti. Contoh nya :
– Pace and Lead –> Saat Anda Beli (Pace) Celana ini, Anda akan rasakan (Lead) Gengsi Anda naik 2x lipat dan percaya diri Anda membuncah.
– Sugesti Keroyokan –> Bagaimana Cara paling Aman—Amankan kendaraan Anda sekarang juga!?
– Embed Command –> Sebagian orang percaya saat mereka menulis untuk Jadilah Kreatif agar hasil yang dicapai lebih mendekatkan pada target mereka.
– Binding Command –> Anda ingin Beli yang warna putih atau hitam?
– Open ended Sugesti Ă Saya tidak tau Anda akan Pilih yang imut berwarna pink, menggemaskan berwarna Putih, atau lucu berwarna Tosca untuk buah hati Anda…
Dan masih banyak lagi yang lainnya… tapi itu saja sudah cukup hehehe..
5. Mainkan Persepsi
Jika Anda mengetahui rahasia sulap Anda akan memberikan komentar “Ternyata trik nya begitu saja”
Manusia pada hakikat nya senang dikadalin. Gak percaya?
Coba beli kopi yang sama dengan rasa yang sama di warung pojokan seharga 3000 dan di Hotel berbintang seharga 30.000, yakin protes abang-abang penjaga Cafe nya “Ah nipu itu… masa kopi harga nya segitu??”
Apalagi ibu-ibu lagi arisan ngobrolin barang diskon;
“ Ih jeeeeng… Tas nya beli dimana jeeeng kok bagus banget? “
“ kemaren ada diskon gede-gedean Harbolnas jeeeng di department store anu, Diskonnya gede banget 80%, yaudah aku beli aja seharga 500.000 “
Padahal hari biasa harga nya 510.000 dimarkup gede-gedean habis itu di diskon. Preeeeet hahahahaha….
So kenapa Anda tertarik barang diskonan?
YES… Karena Persepsi!
Yang penting jujur, Mainkan Persepsi nya…
Orang harus tau dulu apa yang akan mereka dapat saat membaca penawaran Anda.
Lalu Anda boleh sesuka hati memainkan persepsi yang Anda inginkan.
Murah kah?
Berkualitas kah?
Eksklusif kah?
Semua kembali kepada Anda, tergantung objective Anda…
Lalu apa kunci keberhasilan persepsi?
VALUE.
Punya nilai tambah yang jarang dimiliki orang akan memberikan sentuhan emas pada setiap yang Anda sentuh seperti Bill Gates megang sampah pun bisa jadi UANG.
Beli 1 Celana *tiiiiiiiiit…* Dapatkan Diskon 15% dari harga asli @55.500 ( 55.500-15% = 47.000) Lebih Hemat 8500
Beli 3 Celana *tiiiiiiiiit…* Gratis 1! Lebih hemat Rp.55.500 (ongkir sama dengan beli 1)
Kelihatan lebih menarikkan daripada hanya : Diskon 15%?
Rincikan serinci-rinci nya.
6. Greedy
Hasrat untuk memiliki lebih dan lebih adalah sifat dasar manusia. Ketamakan yang tidak bisa direm memang bisa sangat membahayakan hidup Anda baik secara moril maupun materil.
Tapi sadarkah Anda jika digunakan dengan benar malah bisa menjadi senjata untuk jualan? hahahaha….
Hal-hal yang bisa memicu Greedy dan kebelet Action seperti :
– Bonus Berlimpah
– Free Ongkir
– Buy 1 Get 1
– Spesial Service
– Harga lebih murah dibanding value yang diberikan
– Keterdesakan
– Garansi
Dan lain sebagai nya…
7. Arahkan Orang untuk Berinteraksi (Komen, Like, Share)
Tulisan bagus, kok interaksi kecil?
Bisa jadi tidak ada arahan yang jelas untuk berinteraksi.
Pada dasar nya Orang ingin diarahkan dengan Sebuah Komitmen, maka jangan salahkan kecuali Anda ketika tulisan yang bagus namun LKS nya kecil.
Banyak manfaat yang Anda dapatkan dari Interaksi yang bagus.. Bukankah hukum laris dan closing “ Tidak akan Terjadi Transaksi tanpa Interaksi” ?
Contoh-contoh arahan untuk berinteraksi :
– Boleh Share jika dirasa bermanfaat
– Mau dapatkan free gift ini? Silahkan komen “Mau Dong dapet Gratis”
– Coba ngacung siapa yang mau dibantu lagi?
– Ada yang mau?
– Cara nya gampang… silahkan Like status ini, Lalu Share, dan Komen “ Mau banget”
– Tag 3 Teman Terdekat kamu di Komentar..
Dan lain sebagai nya…
8. Breakdown Manfaat
Jangan Biarkan manfaat tercecer…. Dengan membuat breakdown manfaat bukan hanya membuat tulisan Anda lebih tertib namun lebih Meningkatkan Konversi…
Saya pernah tes Copywriting yang dibreakdown manfaat nya 2x lebih berkonversi daripada yang bercampur…
Tips2 dalam membuat breakdown :
1. Lakukan Brainstorming manfaat. Bisa dengan mengelempokkan dari primer, sekunder, dan tersier.
2. Berikan Angka disetiap manfaat yang dituliskan agar lebih mudah diingat. Atau bisa dengan simbol2 lain seperti (*) (+) (-) (#) (–>)
3. Hanya tulis manfaat yang langsung Terasa dalam jangka pendek. Lebih cepat terasa lebih memicu action.
9. Contact Person yang Jelas
Jangan lupakan bagian terpenting. Kemana mereka harus menghubungi, kemana pesannya.
Berikan Contact person yang jelas
10. Post Script / NB
Kalu boleh dibilang, PS ini bagian yang paling setelah Headline.
Orang tidak punya waktu banyak, maka ketika scroll ke bawah, pastikan mereka membaca Pesan penting Anda. Nama nya Post Script ya pesannya harus singkat.
Yang disebutkan di Post Script bisa berupa:
– Garansi
– keterdesakan
– Ekspedisi untuk pengirimannya apa
– Menengaskan kembali pesan-pesan yang di body copy
– Call To Action
– Kata2 penutup dengan menggunakan Humor/Motivasi/Pantun
Dan lain sebagai nya…
==================================
Sebagai Penutup, Tulisan hanya berupa tulisan yang tidak akan berguna jika Tidak diaplikasikan.
Pengetahuan hanya lah sebuah pengetahuan jika tidak dipraktekkan.
Anda boleh Percaya atau tidak prinsip-prinsip Sederhana yang saya tulis di atas. Nyata nya Saya duplikasi ke Klien #JasaCopywriting saya dan hasil nya dahsyat.
Saya percaya Anda lebih jago memainkan tuts-tuts keyboard Anda untuk menulis yang lebih Menjual, Menyentuh, dan Membuat kebelet pengen Beli.
Oleh karena itu Jangan hanya terpaku dengan template-template di atas karena ilmu itu sifat nya dinamis “ Sekarang Work, belum tentu besok Work “
Yang Terpenting Adalah Mindset. Pegang mindset yang Benar = Pegang Kunci Gudang Harta Karun.
Dan menurut saya mindset yang paling benar adalah “ Beradab, Bermanfaat, dan Berkomitmen “
0 Komentar